Cari Di Sini!

Hukum Menikahi Wanita Hamil (2) PDF Print E-mail
Konsultasi Keluarga
Sunday, 04 September 2016 23:20

 

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Ustadz, saya mau menanyakan tentang pernikahan yang dilangsungkan karena hamil di luar nikah dan bagaimana hak atas anak tersebut. Hal ini saya tanyakan karena saya mengalaminya sendiri. Meskipun sekarang saya sudah memiliki 2 anak, tapi sampai sekarang masalah itu masih mengganjal di hati saya.

 

Apakah saya harus melakukan pernikahan ulang agar sah? Dan bagaimana status anak saya? Terima kasih sebelumnya atas jawaban yang akan Ustadz berikan.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

R - ...

 

Jawaban:

 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Saudaraku yang saya hormati, permasalahan yang Anda tanyakan sudah pernah saya bahas secara detail pada konsultasi berjudul: Hukum Menikahi Wanita Hamil dan Status Anak Di Luar Nikah.

 

Baca Juga: Akibat Hamil Di Luar Nikah

 

Saya sarankan sebaiknya Anda membaca konsultasi tersebut karena -menurut saya- apa yang saya sampaikan di sana sudah cukup untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang Anda sampaikan. Bahkan berbagai pendapat ulama seputar hukum Hukum Menikahi Wanita Hamil dan Status Anak Di Luar Nikah telah saya kemukakan, tentunya dengan memberikan isyarat mengenai pendapat yang saya anggap lebih kuat. Saya berharap apa yang saya sampaikan dapat menjadi solusi bagi masalah yang sedang Anda hadapi.

 

Hanya satu hal yang ingin saya tekankan di sini, bila Anda mengikuti arahan saya, maka perbanyaklah istighfar dan bersungguh-sungguhlah bertaubat kepada-Nya. Mudah-mudahan ALLAH akan menghapus kesalahan-kesalahan dan mengampuni dosa-dosa Anda serta memasukkan Anda ke dalam surga-Nya, sebagaimana firman-Nya:

 

يا أَيُّهَا الَّذينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحاً عَسى‏ رَبُّكُمْ أَنْ يُكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّئاتِكُمْ وَ يُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْري مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهارُ

 

 

"Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kamu kepada ALLAH dengan taubat yang semurni-murinya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahan kamu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai." (QS. At-Tahrim [66|: 8)

 

Baca Juga: Suamiku Selingkuh Dengan Wanita Lain (Part 2)

 

Demikian penjelasan saya, mudah-mudahan bermanfaat dan bisa mengurangi keganjalan yang selama ini Anda rasakan dalam hati, dan semoga ALLAH swt. senantiasa membimbing kita semua, Amin Ya Robbal-'Alamin. Wallahu A'lam. Fatkhurozi